PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES HOWARD GARDNER, BERORIENTASI PADA PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP

Suryani, Rita and Widjayanti, Djamilah Bondan (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES HOWARD GARDNER, BERORIENTASI PADA PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari RPP dan LKS dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis teori Multiple Intelligences Howard Gardner pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP yang berorientasi pada prestasi dan kemandirian belajar. Di samping itu, penelitian ini juga mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk menentukan kevalidan, angket respon guru dan siswa yang memuat butir pernyataan untuk mengukur kepraktisan produk, serta soal tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar untuk mengetahui keefektifannya. Produk dikatakan valid dan praktis jika minimal memenuhi kriteria baik. Kemudian, dikatakan efektif jika skor rata-rata kelas pada tes prestasi lebih dari 75, ada peningkatan skor kemandirian belajar, dan skor rata-rata kelas pada pengisian angket kemandirian belajar akhir memenuhi kriteria baik, yaitu lebih dari 84. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di kelas VIII A, SMP N 1 Cangkringan, pada tanggal 23 Maret sampai dengan 21 April 2016. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa 6 RPP dan satu LKS. Produk memenuhi kriteria valid. Dari skor maksimum 5,00, diperoleh skor rata-rata 4,13 untuk LKS dan 4,12 untuk RPP. Berdasarkan data angket respon yang mengukur kepraktisan, produk memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 4,83 untuk angket respon guru dan 4,08 untuk angket respon siswa dari skor maksimum 5,00. Perangkat pembelajaran juga efektif ditinjau dari prestasi dan kemandirian belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk prestasi belajar dan nilai signifikasi sebesar 0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk kemandirian belajar. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, Realistic Mathematics Education (RME), Multiple Intelligences, prestasi, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36730

Actions (login required)

View Item View Item