IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS)

Wuri Wurdayani, M.Pd. and Unik Ambarwati, M.Pd. and Fathur, Rahman , M. Si. (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS). [Experiment/Research]

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN KARAKTER.docx

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi terkait dengan implementasi pendidikan karakter kemandirian melalui penciptaan iklim sekolah di Muhammadiyah Boarding School (MBS). Melalui penelitian ini diharapkan akan ditemukan berbagai kebijakan dan strategi yang dilakukan MBS dalam upaya menginternalisasikan nilai-nilai karakter kemandirian melalui penciptaan iklim sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif,. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi metode.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis induktif, yaitu analisis yang bertolak dari data dan bermuara pada simpulan-simpulan umum. Langkah-langkah analisis data tersebut meliputi: reduksi data, unitisasi dan kategorisasi, display data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: pertama, bahwa dalam rangka implementasi pendidikan karakter kemandirian MBS memiliki kebijakan untuk membangun kemandirian dalam diri santri baik kemandirian dalam hal belajar, kemandirian mengatur diri pribadi, kemandirian memanajemen waktu selama santri berada di lingkungan MBS. Kedua, dalam upaya implementasi pendidikan karakter kemandirian dalam proses pembelajaran guru menggunakan strategi: 1) penugasan yang menuntut santri untuk secara mandiri memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan pesantren, 2) membuat kontrak belajar, dan 3) mengintegrasikan pendidikan karakter kemandirian dalam proses belajar mengajar di kelas. Ketiga, terkait dengan kendala yang dialami sekolah dalam implementasi pendidikan karakter kemandirian yaitu kurang konsistensinya orang tua, dan adanya beberapa guru yang belum mengintegrasikan pendidikan karakter kemandirian dalam proses pembelajaran.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Pendidikan Karakter 2015
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:06
Last Modified: 19 Jul 2016 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36728

Actions (login required)

View Item View Item