Trie Hartiti, Retnowati and Djemari Mardapi, Prof. Ph.D. and Suwarna, - and Bambang Prihadi, - (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN NONTES PENILAIAN KARYA KREASI SENI RUPA TERINTEGRASI DENGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN UNTUK KESIAPAN KERJA. [Experiment/Research]
![]() |
Text
Abstrak IDB bhs indonesia.doc Download (28kB) |
![]() |
Text
Laporan IDB 30 November 2015.doc Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menyusun instrumen dan panduan penilaian nontes karya kreasi Seni Rupa terintegrasi dengan penilaian karakter, sebagai upaya mempersiapkan peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan menuju dunia kerja. Teknik penilaian yang digunakan berupa teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian antarteman. Berdasarkan studi awal terbatas, pada saat ini belum ada instrumen dan panduan penilaian nontes tersebut yang digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan penelitian ini direncanakan selama dua tahun dengan disain penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yaitu melakukan (1) studi awal untuk menemukan temuan-temuan penelitian yang terkait dengan produk yang akan dikembangkan, (2) pengembangan produk berdasarkan temuan- temuan penelitian tersebut, (3) pengujian lapangan dalam situasi nyata di mana produk tersebut akan digunakan, dan (4) perbaikan produk berdasarkan hasil pengujian lapangan tersebut. Pada tahun pertama dilakukan needs analysis melalui kajian pustaka dan survei pelaksanaan penilaian karya kreasi seni rupa di SMK. Kemudian disusun ancangan instrumen dan panduan berdasarkan spesifikasi instrumen yang meliputi konstruk instrumen, indikator dan spesifikasi item instrumen, sehingga diperoleh prototype instrumen, sebagai produk awal penelitian ini. Pada tahun kedua, dilakukan ujicoba dan menyempurnakan menjadi produk akhir. Penelitian ini menghasilkan instrumen nontes penilaian karya kreasi yang terintegrasi dengan penilaian karakter dalam bentuk buku panduan untuk menilai karya kreasi Seni Rupa peserta didik SMK. Hasil penelitian lainnya yaitu tersosialisasinya panduan penilaian nontes sehingga para institusi pengampu kepentingan dapat menggunakan secara benar dengan melalui pelatihan. Instrumen dan panduan penilaian nontes karya kreasi yang terintegrasi dengan karakter tersebut dapat digunakan untuk mengetahui kesiapan kerja peserta didik, sebagai bagian dari penilaian hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2015 |
Uncontrolled Keywords: | instrumen nontes, kreasi seni rupa, pendidikan karakter |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 03:35 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 03:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |