Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Kognitif Sains Untuk Menanamkan Karakter Siswa SMP

Dilliyani, Riska (2012) Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Kognitif Sains Untuk Menanamkan Karakter Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riska-dilliyani-09708251005.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat SSP yang dikembangkan dalam menanamkan karakter siswa di SMP, (2) keterlaksanaan SSP berbasis domain kognitif untuk menanamkan karakter siswa di SMP, (3) respon siswa terhadap implementasi SSP yang dikembangkan, (4) peningkatan hasil belajar siswa dengan SSP yang dikembangkan, dan (5) kemampuan SSP yang dikembangkan dalam menanamkan karakter siswa di SMP, meliputi karakter rasa ingin tahu, berpikir logis dan kritis, dan teliti. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development), yang terdiri dari 7 tahap, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan dan perancangan, (3) penyusunan draf SSP, (4) pengembangan, (5) ujicoba terbatas, (6) ujicoba lebih luas, serta (7) analisis. SSP yang dikembangkan ditelaah oleh seorang ahli materi, 3 orang guru sains, dan 3 orang teman sejawat, untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Subjek ujicoba pada tahap ujicoba terbatas sebanyak 36 orang siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta, sedangkan subjek ujicoba lebih luas siswa kelas VIII SMP N 10 Yogyakarta dengan 1 Kelas Kontrol (KK) sebanyak 36 orang siswa dan 1 Kelas Treatmen (KT) sebanyak 35 orang siswa. Hasil pengembangan SSP berbasis domain kognitif sains untuk menanamkan karakter siswa SMP berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari: silabus, RPP, buku siswa, LKS (Lembar Kerja Siswa), dan perangkat penilaian (domain kognitif dan karakter). Hasil telaah kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi, guru sains, dan teman sejawat diperoleh bahwa perangkat SSP, berkategori “baik” dan layak digunakan dalam pembelajaran sains di SMP. Keterlaksanaan SSP hasil pengembangan dalam pembelajaran sains terlaksana dengan “sangat baik”. Siswa memberikan respon positif terhadap dua komponen perangkat SSP dan proses pembelajaran dengan perangkat SSP yang dikembangkan. Siswa menyatakan sikap “setuju” bahwa perangkat yang terdiri dari buku siswa dan LKS, serta proses pembelajaran telah melatihkan dan mengembangkan karakter rasa ingin tahu, berpikir logis dan kritis serta teliti kepada siswa dan berbasis pada domain kognitif sains. Penerapan SSP dalam pembelajaran sains mampu meningkatkan hasil belajar domain kognitif sains siswa, dan dapat menanamkan karakter rasa ingin tahu, berpikir logis dan kritis, dan teliti yang ditunjukkan dengan nilai yang dicapai oleh siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Spesific Pedagogy (SSP), domain kognitif sains, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:58
Last Modified: 29 Jan 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36689

Actions (login required)

View Item View Item