Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Aspek Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMAN 13 Banjarmasin Kalimantan Selatan

Haismelya, Riris (2012) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Aspek Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMAN 13 Banjarmasin Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riris-haismelya-10708259032.swf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kualitas hasil pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kimia yang diintegrasi dengan pendidikan karakter, (2) perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan RPP hasil pengembangan dengan yang menggunakan RPP konvensional, dan (3) pengaruh penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran yang diintegrasikan dengan aspek karakter terhadap karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini mengembangkan RPP menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiangarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga memuat tahap Define, Design dan Develop. Pengembangan RPP dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan format, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi karakter siswa, angket karakter, angket respons siswa, angket penilaian guru, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan RPP yang terintegrasi dengan aspek pendidikan karakter pada materi asam-basa. RPP tersebut dilengkapi dengan lembar kegiatan siswa (LKS), lembar penilaian, dan tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan RPP yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik. Kepraktisan pada uji coba terbatas mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 75,59% dan pada uji coba lapangan mencapai kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan pada kelas eksperimen 77,37%. Keefektifan ditinjau dari hasil pretest dan postest pada uji coba terbatas menunjukkan ada peningkatan rata-rata 57,93 dengan ketuntasan belajar 83,33% dan peningkatan rata-rata 46,08 dengan ketuntasan belajar 82,14% pada uji coba lapangan. Berdasarkan pengamatan aktivitas siswa yang relevan dengan pengembangan karakter pada uji coba terbatas maupun uji coba lapangan menunjukkan peningkatan karakter siswa di setiap pertemuan. Berdasarkan angket karakter yang diisi siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan RPP yang dikembangkan pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan memenuhi kategori minimal baik. Berdasarkan hasil uji-t, maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan RPP hasil pengembangan dengan yang menggunakan RPP konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakter, penelitian pengembangan, rencana pelaksanaan pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:50
Last Modified: 29 Jan 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36685

Actions (login required)

View Item View Item