PENGEMBANGAN MODEL ILMU SOSIAL PROFETIK BERBASIS INDIGENEOUSASI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNY : SUATU STUDI KOMPARASI DENGAN FISIPOL UGM, FISIPOL UNHAS, DAN FISIPOL USU

Nasiwan, M.Hum and Cholisin, - (2015) PENGEMBANGAN MODEL ILMU SOSIAL PROFETIK BERBASIS INDIGENEOUSASI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNY : SUATU STUDI KOMPARASI DENGAN FISIPOL UGM, FISIPOL UNHAS, DAN FISIPOL USU. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Penelitian Laporan akhir tahun kedua IDB 2015.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pada tahun kedua adalah untuk menerapkan Kurikulum Ilnu Sosial profetik melalui uji coba terbatas di berbagai jurusan di Fakultas Ilmu Sosial FIS Universitas Negeri Yogyakarta) dalam rangka mencapai tujugan jangka pangjang penelitian ini adalah lahirnya ilmu sosial yang memiliki teori-teori, konsep-konsep digali dari kasanah, kekayaan nilai, perilaku, fenomena, peristiwa, relasi sosial yang hidup dan tumbuh di bumi Indonesi. Dengan hadirnya teori-teori ilmu sosial yang berbasis pada konteks keindonesian (indegeneous) maka terbuka peluang lebih besar untuk dapat berkontribusi menyelesaikan berbagai problem sosial yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, seperti problem di bidang pendidikan yang sering dissinyalir gagal melahirkan generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme, kemandirian ,berkarakter. Sedangkan target khusus dari penelitian ini pada tahun kedua adalah implementasi uji coba terbatas blue print kurikulum Ilmu Sosial Profetik yang telah dihasilkan dari penelitian tahun pertama di FIS UNY. Yakni model pengembangan ilmu sosial profetik dalam bentuk blue preint kurikulum Ilmu Sosial berbasis indegeneousasi yang akan beperan besar dalam rangka menyusun kurikulum baru di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan adalah metode Research and and Development ( Thiagarajan, S., et, al., 1974) yang dikenal dengan model 4-D (Four-D Models) yang dimodifikasi dengan R & D dari ( Borg & Gall, 1983. Fase0-fase penelitian meliputi: fase Difine;fase Design; fase Develop dan fase Disseminate, dilengkapi dengan metode Fenomenlogi. Melalui keempat tahap utama pengembangan telah dihasilkan keluaran berupa suatu buku blueprint kuruikulum model pengembangan Ilmu Sosial Profetik berbasis Indegeneousasi, dalam rangka melahirkan konsep- teori ilmu sosial yang mampu dipakai untuk menjelaskan berbagai persoalan sosial di Indonesia, dengan perspektif teoritis dan solusi yang sesuai dengan kearifan lokal serta kondisi sosial budaya yang hidup dan tumbuh di masyarakat indonesia.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2015
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan, Kurikulum, Ilmu Sosial Profetik, Indigeneous
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:29
Last Modified: 19 Jul 2016 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36678

Actions (login required)

View Item View Item