Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Biologi Berbasis Domain Proses untuk Mengembangkan Karakter Kreatif dan Produktif Siswa Kelas X SMA Seminari Mertoyudan Magelang

Hartono, Rechardus Sapto (2012) Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Biologi Berbasis Domain Proses untuk Mengembangkan Karakter Kreatif dan Produktif Siswa Kelas X SMA Seminari Mertoyudan Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rechardus-sapto-hartono-10708251038.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui kelayakannya untuk mengembangkan karakter kreatif dan produktif, 2) mengetahui keterlaksanaannya untuk mengembangkan karakter kreatif dan produktif siswa, 3) mengetahui respon siswa terhadap implementasi SSP yang dikembangkan dan, 4) mengetahui keefektifannya untuk mengembangkan karakter kreatif dan produktif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang terdiri atas 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg & Gall, namun penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1 sampai 7 yaitu : studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draf SSP dan valiasi, uji coba terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan. Subjek uji coba terbatas dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas X SMA Seminari Mertoyudan Magelang dan untuk ujicoba lebih luas sebanyak 46 siswa yaitu 23 siswa dari kelas XC sebagai kelas perlakuan dan 23 siswa kelas XB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi angket, lembar observasi, dan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Masukan dan saran terhadap SSP hasil pengembangan pada uji coba terbatas digunakan dasar perbaikan SSP pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) SSP Biologi yang dikembangkan terdiri dari: silabus, RPP, materi ajar, LKS, dan lembar evaluasi siswa. 2) SSP Biologi yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran Biologi di SMA Seminari Mertoyudan Magelang, karena menurut ahli materi, guru Biologi dan teman sejawat ditinjau dari silabus, RPP, materi ajar, LKS, dan lembar evaluasi siswa berkategori “baik”. 3) Pembelajaran Biologi dengan menggunakan SSP tersebut untuk meningkatkan karakter kreatif dan produktif dapat terlaksana dengan kategori “baik”. 4) Respon siswa terhadap implementasi SSP tersebut menunjukkan sikap “setuju”. 5) Pembelajaran Biologi dengan menggunakan SSP tersebut dapat meningkatkan karakter kreatif dan produktif, karena terjadi perbedaan yang signifikan pada ketercapaian peningkatan karakter kreatif dan produktif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Spesific Pedagogy, biologi, domain proses, karakter, kreatif, produktif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:34
Last Modified: 29 Jan 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36673

Actions (login required)

View Item View Item