MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC UNTUK MENYIAPKAN LULUSAN SMK BIDANG BUSANA DI DIY MENJADI ENTREPRENEUR

Dr. SRI, WENING, M.PD and Widihastuti, Widihastuti and Emy Budiastuti, M.Pd. (2015) MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC UNTUK MENYIAPKAN LULUSAN SMK BIDANG BUSANA DI DIY MENJADI ENTREPRENEUR. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
laporanAkhir_idbBARU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran scientific yang dapat diterapkan di SMK bidang busana sesuai kurikulum 2013; (2) mengembangkan perangkat pembelajaran dan penilaian scientific untuk SMK bidang busana; (3) menemukan bentuk penerapan atau implementasi model pembelajaran scientific yang tepat untuk SMK bidang busana dalam rangka menyiapkan lulusan menjadi entrepreneur yang unggul, produktif, mandiri, dan kompetitif di bidangnya; dan (5) menguji keefektifan model pembelajaran scientific yang dikembangkan untuk menyiapkan lulusan SMK Bidang Busana khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi entrepreneur. Model pembelajaran scientif untuk menyiapkan lulusan SMK Bidang Busana khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi entrepreneur ini dikembangkan melalui penelitian dan pengembangan (R & D). Model R & D yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model R & D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu yang mencakup 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Tahapan Define merupakan tahapan mendefinisikan. Tahapan Design, dilakukan pada tahun pertama mencakup kegiatan analysis karakter kerja bidang busana di industry garment dan yang selama ini dikembangkan di SMK Pariwisata bidang busana di DIY, dan kegiatan merancang (design) prototype model berdasarkan hasil analisis; (2) tahapan Development, dilakukan pada tahun kedua mencakup kegiatan pengembangan model dan perangkat model yang meliputi kegiatan validasi prototype model dan perangkat model, uji keterbacaan model dan perangkat model, pelatihan guru, dan ujicoba model dan perangkat model; (3) tahapan Diffusion, dilakukan pada tahun ketiga mencakup kegiatan implementasi dan evaluasi model secara luas. Tahapan Define dan Design pada tahun pertama bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi karakter kerja di industri garment yang harus dimiliki oleh lulusan SMK Pariwisata Bidang Busana; (2) mengidentifikasi kesenjangan antara karakter kerja yang selama ini dikembangkan di sekolah dengan di industri garment. Tahapan Development pada tahun kedua terdiri atas pengembangan model dan pengembangan perangkat model. Pengembangan model dimaksudkan untuk menghasilkan model yang efektif dan dapat dilaksanakan dengan baik untuk mengembangkan karakter kerja siswa dalam proses pembelajaran praktik bidang busana di SMK Pariwisata. Pengembangan perangkat model dimaksudkan untuk menghasilkan seperangkat instrument model AFL yang memiliki karakteristik valid, reliabel, dan layak digunakan untuk penilaian pembelajaran praktik bidang busana yang dapat mendukung pengembangan karakter kerja siswa SMK Pariwisata. Tahapan Dissemination pada tahun ketiga, mencakup kegiatan implementasi dan Evaluasi model pada tataran sesungguhnya di SMK Pariwisata Bidang Busana di DIY, diawali dengan kegiatan workshop dan pelatihan guru-guru praktik bidang busana seluruh SMK Pariwisata di DIY.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2015
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:18
Last Modified: 19 Jul 2016 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36672

Actions (login required)

View Item View Item