MODEL PERCEPATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI GURU BAHASA PRANCIS SMK dan SMA SE PROPINSI DIY MELALUI LESSON STUDY

Roswita Lumban, Tobing and Dwiyanto Djoko Pranowo, - and Rohali, M. Hum (2015) MODEL PERCEPATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI GURU BAHASA PRANCIS SMK dan SMA SE PROPINSI DIY MELALUI LESSON STUDY. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian IDB Tahun I 2015 ( 5nov.15).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Target khusus penelitian ini adalah: 1) meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, 2) meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan materi ajar, media dan alat evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Dengan ditemukannya model percepatan implementasi diharapkan dalam waktu 2 tahun seluruh guru bahasa Prancis di DIY sudah menguasai dan dapat menerapkan kurikulum 2013 secara benar. Pada tahun II, penelitian ini mempergunakan desain riset dan pengembangan atau R&D (Gall, Gall dan Borg, 2003) dengan modifikasi. Setelah hasil penelitian tahun I disusun dan dilakukan cek ulang kepada ahli (nara sumber) untuk pemvalidasi hasil penelitian, selanjutnya dilakukan penyusunan model pembelajaran bahasa Prancis berdasarkan temuan pada tahun pertama dan berdasarkan kebutuhan lapangan atas pembelajaran tersebut. Berdasarkan uji lapangan terbatas ataupun luas, model tersebut kemudian dituangkan menjadi bahan ajar (modul) yang ditindaklanjuti dengan uji keterbacaan dan sosialisasi. Guna menyempurnakan modul, perlu adanya ujicoba lapangan dan FGD (focus group discussion). Ujicoba lapangan berupa praktik pembelajaran temuan penelitian yang telah dituangkan dalam modul di sekolah-sekolah yang ditentukan bersama dengan MGMP bahasa Prancis di DIY. Penelitian dilaksanakan berkolaborasi dengan seluruh guru anggota MGMP bahasa Prancis di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil pada tahun II ini adalah 1) bahan ajar sebagai pegangan guru, yang siap diguanakan dalam pembelajaran bahasa Prancis di SMA dan SMK, 2) Media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran, 3) pengembangan alat evaluasi yang dapat mengukur kompetensi pembelajar pada bidang afektif, psikomotor dan kognitif,

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI 2015
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, perangkat Pembelajaran, uji coba produk
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:10
Last Modified: 19 Jul 2016 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36669

Actions (login required)

View Item View Item