Pengaruh Learning Cycle dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik

Ekawati, Ratna (2012) Pengaruh Learning Cycle dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-ekawati-10708251035.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan learning cycle dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran fisika terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik, 2) pengaruh penerapan learning cycle dengan pendekatan kerja laboratorium pada pembelajaran fisika terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik, 3) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran learning cycle dengan pendekatan CTL dan pembelajaran learning cycle dengan pendekatan kerja laboratorium. Penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-experiments dengan pretest-postest with comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Sedayu. Sampel penelitian dilakukan secara cluster sampling, kemudian memilih secara acak dua kelas yang diberi perlakuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan berpikir kritis terintegrasi materi fisika, angket sikap ilmiah, serta lembar observasi sikap ilmiah. Untuk mengetahui pengaruh penerapan learning cycle dengan pendekatan CTL terhadap masing-masing variabel dan pengaruh penerapan learning cycle dengan pendekatan kerja laboratorium terhadap asing-masing variabel, data dianalisis dengan paired sample t-test. Kemudian untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran learning cycle dengan pendekatan CTL dan learning cycle dengan pendekatan kerja laboratorium, maka data dianalisis dengan independent t-test. Pengujian dilakukan dengan program komputer SPSS 17.00 for windows pada taraf signifikasi 5%. Hasil peneltian menunjukkan: 1) penerapan learning cycle dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran fisika berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik, 2) penerapan learning cycle dengan pendekatan kerja laboratorium berpengaruh secara signfikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik, 3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik yang mengikuti pembelajaran learning cycle dengan pendekatan CTL dan learning cycle dengan pendekatan kerja laboratorium.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning cycle, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), pendekatan kerja laboratorium, keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 05:38
Last Modified: 29 Jan 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36633

Actions (login required)

View Item View Item