LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Rizki Agung Pratama, Rizki Agung Pratama (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN DAN LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

) Kegiatan PPL UNY 2015 yang bertempat di SMK Muhammadiyh 1 Tempel secara resmi dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Mahasiswa PPL UNY diterjunkan ke sekolah pada bulan Agustus 2015 yang diterima oleh perwakilan sekolah. Untuk tahun 2015 ini, SMK Muhammadiyah 1 Tempel mendapat 14 mahasiswa PPL UNY yang terdiri dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Pendidikan Bimbingan Konseling. Mahasiswa-mahasiswa tersebut diterjunkan untuk mengerjakan program PPL sesuai dengan rancangan program yang ada dalam proposal kegiatan yang sudah dibuat, didiskusikan, dan disetujui oleh pihak SMK Muhammadiyh 1 Tempel. Kegiatan PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan adalah salah satu mata kuliah yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan life skills yang diantaranya adalah pengalaman belajar yang kaya, perluasan wawasan, pengembangan kompetensi yang dibutuhkan dalam bidangnya, peningkatan kreatifitas, keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan menemukan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi. Program utama dalam PPL, yaitu kegiatan praktek mengajar dilakukan dengan meliputi persiapan media dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran adalah hal yang mencakup pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengembangan materi, pembuatan media pembelajaran, dan beberapa administrasi mengajar yang lain. Dalam kegiatan PPL di SMK Muhammadiyh 1 Tempel, penulis mendapat kesempatan mengajar kelas X Administrasi Perkantoran dan X Akuntansi. Di samping itu, mahasiswa juga melakukan program PPL lain yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Penulis, dalam hal ini, mengadakan 1 program kerja yang sesuai dengan program studi Pendidikan Bahasa Inggris, yaitu: Pelatihan Spelling Bee. Program ini dapat dilakukan dengan baik seluruhnya. Dari kegiatan PPL ini, mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, PPL, Bahasa Inggris, pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36622

Actions (login required)

View Item View Item