LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 Alamat: Jl. Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman

Reny Ditya Puspitasari, Reny Ditya Puspitasari (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 Alamat: Jl. Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan perwujudan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat, yang bernilai 3 SKS yang harus ditempuh mahasiswa. Tujuan PPL adalah mahasiswa mampu menerapkan ilmu teori yang diperoleh selama kuliah untuk diterapkan di sekolah. Bagi sekolah, dengan kehadiran PPL diharapkan dapat membantu pihak sekolah untuk lebih memajukan sekolah ke arah yang lebih baik. Selain itu, juga dapat memotivasi siswa untuk terus belajar dan meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat, minat dan kemampuannya. Pelaksanaan PPL UNY 2015 dimulai pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 di SD Negeri Tlogoadi. Berdasarkan hasil observasi, maka kami menyusun beberapa program. Dalam program kegiatan belajar mengajar dilakukan sebanyak enam kali, termasuk dua kali ujian dengan sasaran siswa kelas II – kelas V. Kegiatan belajar mengajar juga dilakukan ketika guru berhalangan hadir serta tambahan belajar menulis dan membaca bagi siswa kelas II. Metode yang digunakan dalam mengajar adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, dan permainan. Selain itu, program PPL yang dilaksanakan yaitu lomba-lomba memperingati hari kemerdekaan, warung sehat, perawatan media, perawatan perpustakaan, pengadaan poster, senam, kebersihan lingkungan sekolah, pramuka, kegiatan memperingati HAORNAS, dan upacara bendera. Pelaksanaan program secara keseluruhan berjalan lancar. Siswa antusias, meskipun masih terdapat kendala dalam pengkondisian siswa. Pendanaan pelaksanaan program berasal dari mahasiswa KKN dan donasi sekolah. Dari berbagai macam program kerja kegiatan PPL yang sudah dilaksanakan, secara umum dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan PPL menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa untuk memberikan kesempatan dalam menemukan permasalahan aktual seputar kegiatan belajar mengajar di lokasi PPL. Kendala dalam melaksanaan program kegiatan PPL merupakan suatu hal yang harus dihadapi mahasiswa, namun hal tersebut tidak mengurangi hasil dari pelaksanaan program kerja. Tingkat pencapaian terlaksananya keseluruhan program adalah 99%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri Tlogoadi, Program Kegiatan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 01:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36565

Actions (login required)

View Item View Item