LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 Alamat: Jl. Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman

Nur Ahya Hidayah, Nur Ahya Hidayah (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 Alamat: Jl. Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri Tlogoadi berlangsung mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2014. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa UNY dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Lokasi yang digunakan untuk kegiatan PPL adalah SD Negeri Tlogoadi yang terletak di Getas, Jl Kebonagung Km 9.8, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Mahasiswa melakukan praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri pada semua mata pelajaran kecuali agama dan penjaskes di kelas 2, 3, 4 dan 5. Akan tetapi, untuk praktik mengajar terbimbing hanya dilaksanakan sebanyak 4 kali dan 2 kali untuk ujian dengan mata pelajaran eksak dan non-eksak. Sebelum mahasiswa mengajar, mahasiswa mempersiapkannya dengan melakukan observasi dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan setelah selesai mengajar mahasiswa melakukan kegiatan evaluasi berupa konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Selain praktik mengajar, mahasiswa PPL juga melakukan kegiatan kelompok yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar siswa dan pemberian pelajaran tambahan bagi siswa yang belum dapat membaca serta menulis. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SD Negeri Tlogoadi rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Tlogoadi maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari ke dalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait. Dalam mewujudkan output yang baik, maka pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, kualitas guru yang baik, menjalin hubungan yang baik antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi, praktik mengajar, SD Negeri Tlogoadi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 01:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36563

Actions (login required)

View Item View Item