MODEL PARTNERSHIP GURU PRODUKTIF SMK DENGAN DUDI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEACHERPREUNER

Endang Mulyatiningsih, Dr. and Sugiyono, Sugiyono and Sutriyati Purwanti, M.Si. (2015) MODEL PARTNERSHIP GURU PRODUKTIF SMK DENGAN DUDI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEACHERPREUNER. [Experiment/Research]

[img] Text
abstrak lepas.docx

Download (17kB)
[img] Text
ENDANG MULYATININGSIH_UNY_STRANAS_LAPORAN_2015rev2.docx

Download (3MB)

Abstract

Guru SMK yang sukses adalah guru yang dapat memberdayakan dirinya untuk menjadi seorang teacherpreuner. Di masa depan, guru yang hanya memiliki keahlian mengajar, karirnya tidak akan berkembang. Untuk meningkatkan kemampuan teacherpreuner, guru perlu mendapatkan pengalaman partnership dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model partnership antara guru produktif SMK dengan DUDI yang efektif untuk meningkatkan kemampuan teacherpreuneur. Pada tahun pertama telah berhasil dirancang model konseptual AMOVIE untuk pelaksanaan program partnership guru produktif SMK dengan DUD. Tujuan yang ingin dicapai pada tahun kedua: (1) menguji model hipotetik AMOVIE untuk pelaksanaan program partnership guru produktif SMK dengan DUDI; (2) menganalisis dukungan dan hambatan apa yang dialami selama implementasi model AMOVIE pada program partnership guru produktif SMK dengan DUDI. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Prosedur penelitian menggunakan model ADIE (analysis, design, implementation, evaluation). Pada tahun pertama sudah berhasil dianalisis potensi dan kebutuhan pengembangan model partnership yang relevan untuk meningkatkan kemampuan teacherpreuneur dan dirancang model AMOVIE (Achievment motivation training, On-the-job training, Visual exhibition dan Evaluation); Pada tahun kedua, kegiatan penelitian memasuki tahap implementasi model pada semua (120) peserta program partnership guru SMK dengan DUDI tahun 2015. Data efektivitas model selama implementasi diambil menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji model AMOVIE untuk pelaksanaan program partnership guru produktif SMK dengan DUDI dinyatakan efektif dapat menghasilkan kemampuan teacherpreneur yang tebukti dari (1) rerata 46,11% guru telah menghasilkan berbagai karya akademik untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan 46,67% memperoleh penghasilan tambahan dari produksi barang, 41,67% melakukan pelayanan jasa dan 19,17% melakukan bisnis perdagangan (2) Dukungan yang diperoleh selama implementasi model AMOVIE adalah: (a) DUDI dan sekolah telah memberi dukungan untuk kelancaran pelaksanaan OJT/IHT; dan (b) hambatan yang dialami selama implementasi model AMOVIE pada program partnership guru produktif SMK dengan DUDI adalah kendala waktu dan tenaga karena banyak tugas-tugas yang harus diselesaikan guru .

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional 2015
Uncontrolled Keywords: partnership, teacherpreuneur, SMK-DUDI
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 18 Jul 2016 01:28
Last Modified: 18 Jul 2016 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36562

Actions (login required)

View Item View Item