LAPORAN PPL LOKASI DI SD NEGERI TLOGOADI Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

Ninda Nurmalia, Ninda Nurmalia (2015) LAPORAN PPL LOKASI DI SD NEGERI TLOGOADI Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015, merupakan kegiatan terpadu sehingga pelaksanaannya saling terintegrasi dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Tujuan yang ingin dicapai kedua program terpadu tersebut adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dan merupakan penerapan ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan maupun diluar perkuliahan, sehingga mampu mengembangkan potensi masyarakat lingkungan sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan di SD Negeri Tlogoadi yang beralamat di Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman dengan jumlah mahasiswa 4 orang. Kegiatan PPL di SD Negeri Tlogoadi dilaksanakan satu bulan yaitu mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 13 Agustus 2015 sampai dengan 05 September 2015, dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan praktek di kelas I, III, IV, V, dan VI. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi Gerak Dasar Atletik (Jalan, Lari dan Lompat), Gerak Dasar Melempar dan Mengangkap, Permainan Bola Kecil (Kasti), Permainan Bola Besar (Basket), Gerak Dasar Melempar, Menangkap dan Menendang. Hasil dari pelaksanaan PPL adalah pengetahuan terpadu dengan mengaplikasikan teori dan praktik disekolah. Selain harus mampu melaksanakan praktik mengajar dan mengelola administrasi kelengkapan guru, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki kompetensi personal maupun sosial. Dalam praktik PPL, mahasiswa dituntut untuk selalu berinovasi terhadap pembelajaran, serta memadukan pembelajaran dengan pendidikan karakter. Banyak sekali pengalaman yang bermanfaat selama PPL, tetapi karakter sebagai guru belum dapat saya ciptakan karena minimnya pengalaman mengajar dan pertama kalinya berhadapan dengan siswa secara langsung. Pengalaman yang diperoleh tersebut sangat berguna bagi mahasiswa sebagai calon guru. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 01:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36560

Actions (login required)

View Item View Item