LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI TLOGOADI GETAS, TLOGOADI, MLATI, SLEMAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Muhamad Mukhlisin, Muhamad Mukhlisin (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI TLOGOADI GETAS, TLOGOADI, MLATI, SLEMAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan perwujudan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Tujuan dari PPL adalah supaya mahasiswa mampu menerapkan ilmu teori yang diperoleh selama kuliah untuk diterapkan di sekolah atau lembaga. Bagi sekolah atau lembaga, dengan kehadiran PPL dapat membantu pihak sekolah untuk semakin memajukan sekolah ke arah yang lebih baik. Selain itu juga dapat memotivasi siswa untuk terus belajar dan meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik sesuai bakat, minat dan kemampuan siswa. Pelaksanaan PPL UNY 2015 dimulai pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 yang bertempat di SD Negeri Tlogoadi. Berdasarkan hasil observasi, SD Negeri Tlogoadi memiliki 6 kelas dan jumlah siswa masing-masing kelas terdiri kurang lebih 30 siswa dengan karakteristik yang berbeda-beda. Program PPL yang terlaksana terdiri dari praktik mengajar di kelas II - V, les menulis dan membaca untuk kelas II, lomba kemerdekaan RI ke-70, warung sehat, perawatan media pembelajaran, pengelolaan perpustakaan, poster edukasi, senam sehat, kebersihan lingkungan sekolah, ekstrakurikuler pramuka, peringatan HAORNAS, dan upacara bendera. Kegiatan praktik mengajar terbimbing dilakukan sebanyak enam kali, dengan dua kali ujian. Selain itu, praktik mengajar juga dilakukan ketika guru kelas berhalangan hadir. Metode yang digunakan dalam mengajar adalah ceramah, diskusi, demonstrasi dan permainan. Pelaksanaan program secara keseluruhan berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan. Anak-anak antusias dalam pelaksanaan program kegiatan, meskipun masih terdapat kendala dalam mengkondisikan anak-anak dalam kegiatan. Pendanaan pelaksanaan program berasal dari mahasiswa KKN dan donasi sekolah/lembaga. Dari berbagai macam program individu, program yang sudah dilaksanakan, dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana kegiatan. Faktor pendukung pelaksanaan program antara lain kemampuan dan kemauan mahasiswa, bimbingan kepala sekolah, guru pembimbing dan guru kelas, antusias siswa yang ikut membantu. Meskipun masih terdapat kendala, namun hal tersebut tidak mengurangi hasil dari pelaksanaan program kerja. Tingkat pencapaian terlaksananya keseluruhan program adalah 99%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri Tlogoadi, Program Kegiatan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 01:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36558

Actions (login required)

View Item View Item