LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

Annisa Subekti, Annisa Subekti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program PPL, merupakan kegiatan terpadu sehingga pelaksanaannya saling terintegrasi dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Tujuan yang ingin dicapai kedua program terpadu tersebut adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dan merupakan penerapan ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan maupun diluar perkuliahan, sehingga mampu mengembangkan potensi masyarakat lingkungan sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan di SD Negeri Tlogoadi yang beralamat di Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman, D.I. Yogyakarta dengan jumlah mahasiswa 4 orang. Kegiatan PPL di SD Negeri Tlogoadi dilaksanakan selama satu bulan yaitu mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 13 Agustus sampai dengan 11 September 2015, dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan praktek di lapangan kelas I, II, III, IV, V, dan VI. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi dasar gerak meloncat dan melompat, dasar gerak jalan dan lari, kombinasi gerak keseimbangan, pola gerak mengayun, menekuk,dan membungkuk, Permainan tradisional, dan permainan bola kecil. Adapun program-program yang dilaksanakan berorientasi pada bidang akademik, baik yang sudah direncanakan maupun program yang tidak direncanakan sejak awal atau program insidental. Untuk program PPL individu yaitu meliputi kegiatan persiapan, kegiatan mengajar praktik Dasar. Hasil dari pelaksanaan PPL adalah pengetahuan terpadu dengan mengaplikasikan praktik disekolah. Selain harus mampu melaksanakan praktik mengajar dan mengelola administrasi kelengkapan guru, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki kompetensi personal maupun sosial. Dalam praktik PPL, mahasiswa dituntut untuk selalu berinovasi terhadap pembelajaran, serta memadukan pembelajaran dengan pendidikan karakter. Banyak sekali pengalaman yang mengasyikan selama PPL, tetapi karakter sebagai guru belum dapat saya ciptakan karena minimnya pengalaman mengajar dan pertama kalinya berhadapan dengan siswa secara langsung. Pengalaman yang diperoleh tersebut sangat berguna bagi mahasiswa sebagai calon guru. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SD N Tlogoadi, Laporan Individu.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 00:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36551

Actions (login required)

View Item View Item