LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 Alamat: Jl. Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman

ALIFIANI DANAR OKTIANINGRUM, ALIFIANI DANAR OKTIANINGRUM (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI TLOGOADI PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 Alamat: Jl. Getas, Tlogoadi, Mlati, Sleman. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengajaran Lapangan (PPL) mengacu pada Undang-Undang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005 khususnya yang berkenaan dengan emapt kompetensi guru yakni: kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi social dan kompetensi professional. Pelaksanaan PPL yang dimulai tanggal 10 Agustus 2015 di SD N Tlogoadi sampai dengan tanggal 12 September 2015. Kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh mahasiswa PPL adalah observasi secara fisik dan non fisik. Kegiatan ini meliputi pengamatan langsung terhadap keadaan fisik sekolah seperti pengamatan terhadap ruang kelas, kantor guru, perpustakaan serta ruan lain yang mendukung kegiatan yang berlangsung di SD Tlogoadi. Selain pengamatan fisik mahasiswa PPL juga melaksanakan pengamatan non fisik yang meliputi kegiatan pembelajaran dalam kelas. Dari observasi ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa PPL dalam Praktik Pembelajaran. Tanggal 13 Agustus 2015 mahasiswa PPL sudah mulai intensif di seklah untuk mengikuti segala macam kegiatan yang ada di sekolah serta mulai mengatur jadwal Praktik Pembelajaran Terbimbing, Praktek Pembelejaran Mandiri serta Ujian Praktik Pembelejaran. Prakik pembelajaran ini tak lepas dari peran serta guru pembimbing serta staff guru yang berkenaan memberikan arahan pada mahasiswa dalam mengajar. Jadwal mengajar dibagi rata dalam kelas rendah dan kelas tinggi meliputi pembelajaran eksak dan non-eksak. Kelas yang digunakan meliputi kelas 2, 3 ,4 dan 5. Dari PPL ini maka mahasiswa dapat lebih memahami bagaimana secara langsung enghadapi situasi yang tercipta dalam kelas sehingga dapat membentuk kelas yang kondusif dengan suasana belajar yang menyenangkan.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 18 Jul 2016 00:51
Last Modified: 18 Jul 2016 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36549

Actions (login required)

View Item View Item