Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Hasil Adaptasi Kurikulum Kimia SMA BI Dengan Kurikulum New South Wales

Asi, Nopriawan Berkat (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Hasil Adaptasi Kurikulum Kimia SMA BI Dengan Kurikulum New South Wales. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nopriawan-berkat-asi-10708251056.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan silabus dan RPP kimia untuk kelas XI Semester 2 berbasis hasil adaptasi kurikulum kimia SMA BI dengan kurikulum New South Wales, serta untuk mengetahui kualitas dan keterlaksanaan silabus dan RPP hasil pengembangan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui tahapan studi pendahuluan, pengembangan, validasi dan implementasi. Subjek coba pada penelitian ini adalah 57 peserta didik SMA Negeri 5 Palangka Raya dengan rincian: 24 peserta didik untuk uji coba terbatas dan 33 peserta didik untuk uji coba diperluas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes esai, laporan eksperimen dan lembar jawaban peserta didik pada lembar diskusi. Masukan terhadap silabus dan RPP hasil pengembangan pada tahap penilaian yang berasal dari ahli materi kimia, ahli pembelajaran, peer reviewer, guru kimia SMA RSBI, dan hasil uji coba terbatas digunakan sebagai dasar untuk perbaikan silabus dan RPP pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan silabus dan RPP berbasis hasil adaptasi kurikulum kimia SMA BI dengan kurikulum New South Wales dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan kurikulum; (2) kualitas silabus dan RPP secara keseluruhan “Sangat Baik” dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 5 Palangka Raya; dan (3) keterlaksanaan silabus dan RPP kimia kelas XI semester 2 SMA BI hasil adaptasi kurikulum kimia SMA BI dengan kurikulum New South Wales ditinjau dari uji coba terbatas dan uji coba diperluas adalah “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: silabus, RPP, adaptasi kurikulum kimia, kurikulum New South Wales
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2016 06:19
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36546

Actions (login required)

View Item View Item