Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Optika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 2 Banjarbaru Tahun Ajaran 2011/2012

Riza, Noor Syamsu (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Optika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 2 Banjarbaru Tahun Ajaran 2011/2012. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-noor-syamsu-riza-10708259034.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis,dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa SMA di Banjarbaru pada materi ajar alat-alat optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi alat-alat optik dengan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiangarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design dan Develop. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba kelas kecil, ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan. Subjek coba pada penelitian ini sebanyak 95 orang siswa, enam orang siswa dari MAN 3 Yogyakarta untuk ujicoba kelompok kecil, 30 orang siswa dari SMAN 2 Banjarbaru untuk ujicoba terbatas, dan 69 orang siswa dari SMAN 2 Banjarbaru pada ujicoba lapangan, dengan rincian 30 orang siswa sebagai kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah dan 29 orang siswa sebagai kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah ada. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, angket penilaian guru, angket sikap ilmiah, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi alat-alat optik yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika dan sikap ilmiah siswa. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan memperoleh skor total untuk RPP sebesar 953, LKS sebesar 653, dan TKPM sebesar 368 dengan kategori rata-rata sangat baik. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan dari segi kepraktisan mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 99 % pada ujicoba terbatas dan pada ujicoba lapangan mencapai kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 100 %. Segi keefektifan ditinjau dari hasil pretest dan posttest pada ujicoba yang dilakukan menunjukkan ada peningkatan rata-rata 27,47 poin dengan ketuntasan belajar 36,67% pada ujicoba terbatas, pada uji coba lapangan ada peningkatan rata-rata 19,04 poin dengan ketuntasan belajar 10,34 untuk kelas kontrol dan peningkatan rata-rata 45,55 poin dengan ketuntasan 70% untuk kelas treatment. Angket sikap ilmiah siswa pada ujicoba terbatas menunjukkan bahwa 70% siswa memenuhi kategori baik, dan pada ujicoba lapangan menunjukkan, untuk kelas kontrol 41,38% siswa, dan untuk kelas treatmen 70% siswa, mencapai kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, alat-alat optik, kemampuan pemecahan masalah, sikap ilmiah siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2016 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36545

Actions (login required)

View Item View Item