Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Model Computer-Assisted Instruction (CAI) Materi Larutan Elektrolit dan Reaksi Redoks untuk Meningkatkan Minat dan Sikap Ilmiah Peserta Didik

Muhsinah, Muhsinah (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Model Computer-Assisted Instruction (CAI) Materi Larutan Elektrolit dan Reaksi Redoks untuk Meningkatkan Minat dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhsinah-10708259003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran model CAI materi larutan elektrolit dan reaksi redoks, (2) mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan minat peserta didik, dan (4) mengetahui keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan sikap ilmiah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Mataraman, Kabupaten Banjar, Propinsi Kalimantan Selatan, yang berjumlah 70 peserta didik terdiri atas tiga peserta didik untuk uji coba satu-satu, sembilan peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, dan 58 peserta didik untuk uji coba lapangan (28 peserta didik untuk kelompok eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelompok kontrol). Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, dan peserta didik untuk mengetahui kualitas media pembelajaran, lembar angket minat dan sikap ilmiah untuk peserta didik untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan minat dan sikap ilmiah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk yang dihasilkan berupa CD pembelajaran materi larutan elektrolit dan reaksi redoks, dengan format tutorial, drill dan practice, serta simulasi; (2) media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran kimia (hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media diperoleh kriteria baik, penilaian oleh peserta didik pada uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil diperoleh kriteria baik, dan penilaian peserta didik pada uji coba lapangan diperoleh kriteria sangat baik); (3) media CAI efektif meningkatkan minat peserta didik pada kriteria sedang, dan menunjukkan adanya perbedaan minat peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media CAI dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media cetak; dan (4) media pembelajaran CAI efektif meningkatkan sikap ilmiah peserta didik pada kriteria sedang, dan menunjukkan adanya perbedaan sikap ilmiah peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media CAI dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media cetak. Dengan demikian media pembelajaran model CAI layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran kimia materi larutan elektrolit dan reaksi redoks.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan CAI, minat, sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2016 04:34
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36543

Actions (login required)

View Item View Item