LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMP NEGERI 2 BERBAH (Sanggrahan, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta) 10 Agustus – 12 September 2015

Hasna Ulfiani, Hasna Ulfiani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMP NEGERI 2 BERBAH (Sanggrahan, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta) 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Sampul-Abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/ menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis. PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai seorang pendidik. PPL dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung di lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik adalah SMP Negeri 2 Berbah, yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan PPL dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada pelaksanaan PPL diharapkan dapat dilakukan minimal 4 sampai 6 kali pertemuan dengan materi yang berbeda. Mahasiswa PPL dapat melaksanakan 6 kali pertemuan dengan materi berbeda. Mahasiswa PPL mengajar di dua kelas, yaitu kelas VII A dan VIII B. Metode yang digunakan antara lain ceramah, observasi, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Media yang mahasiswa PPL gunakan antara lain lcd, laptop, alat dan bahan yang digunakan kegiatan siswa, dan Lemba Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Terdapat kendala atau hambatan selama waktu melaksanakan PPL, diantaranya dalam mengelola kelas dan menanggapi siswa yang acuh terhadap perintah/ teguran guru maupun temannya. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah merupakan hambatan yang berarti karena memang perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pencarian jati diri sehingga mahasiswa PPL selalu memberikan nilai-nilai maupun pesan untuk mereka. Mahasiswa PPL mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata selama melaksanakan PPL. Kegiatan PPL dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama semua pihak. Dengan terlaksananya PPL ini dihaapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Siswa, SMP Negeri 2 Berbah, Pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 08:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36436

Actions (login required)

View Item View Item