Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SMK Negeri 1 Tempel Jl. Magelang Km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta

Amilus Sofiatun, Amilus Sofiatun (2015) Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SMK Negeri 1 Tempel Jl. Magelang Km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
00 COVER LAPORAN.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 KATA PENGANTAR.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB II PERSIAPAN, PELAKSANAAN DAN ANALISIS HASIL.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 BAB III PENUTUP.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Praktek pengalaman lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMK N 1 Tempel telah dilaksanakan oleh mahasiswa pda tanggal 10 Agustus 2015 samapi 12 September 2015. Kelompok PPL dilokasi ini terdapat 10 mahasiswa dari program pendidikan administrasi perkantora, pendidikan akuntansi, pendidikan ekonomi dan pendidikan jasmani. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Negeri 1 Tempel khususnya seruluh siswa SMK Negeri 1 Tempel. Selama kegiatan PPL praktikan melakukan praktek mengajar mandiri dan terbimbing di 3 kelas yaitu kelas XI AP 1, XI AP 2 dan XI AP 3. Dari keseluruhan praktek mengajar praktikan mengajar sebanyak 5 kali. Selama PPL, Secara umum, program–program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancar, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang dapat dipastikan selalu timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain : dalam pengelolaan kelas dan pengelolaan waktu serta pembuatan administrasi guru. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi salah satu caranya adalah dengan bimbingan dan bertanya kepada guru pembimbing ataupun teman, sehingga program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 07:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36423

Actions (login required)

View Item View Item