LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 DI SD NEGERI SINDUADI 2 Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, Sleman

Dwi Jarwanto, Dwi Jarwanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 DI SD NEGERI SINDUADI 2 Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10.Dwi Jarwanto (12604221006).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang telah menyelesaikan semester 6 dan telah lulus dari kegiatan mikro teaching. Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus selama kurang lebih 1 bulan di sekolah yang telah ditentukan oleh pihak LPPM. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, serta memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan yang terkait. Terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan dari jurusan dan diadakan observasi lokasi. Pembekalan dilaksanakan pada tanggal 05 Agustus 2015 sedangkan observasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi pada akhir bulan Februari 2015. Dari hasil observasi yang lakukan sebelum pelaksanaan PPL dimulai. Program yang kami rencanakan ada dua, yaitu: program mengajar dan non mengajar . Program PPL Mengajar antara lain Pembuatan RPP, konsultasi RPP, Pembuatan Media Pembelajaran, Mengajar kelas/ jam kosong. Program Non mengajar antara lain Pramuka, Pembuatan Taman Bermain, Menghias Sekolah untuk Memperingati HUT Republik Indonesia, Lomba 17-an, Pembuatan Apotik Hidup, Pelatihan Upacara, Pengoptimalan dan Penataan Perpustakaan, Pengukuran IMT, Pembuatan Poster Edukasi, Kerja Bakti dan Senam Bersama. Dari program PPL ini praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolah lainnya yang sangat berguna untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan PPL Program yang direncanakan semua terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama yang baik antara anggota kelompok maupun pihak-pihak lain yang terkait. Selain itu PPL sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa sekaligus sebagai penyesuaian sebelum terjun ke sekolah dan melakukan tugasnya secara nyata. Meskipun ada hambatan pada kelompok kami, tetapi hambatan yang ada bukanlah penghalang melainkan konsekuensi dari sebuah usaha dan semua hambatan yang ditemukan dapat diatasi. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa diharapkan banyak mendapat pengalaman dan keterampilan dari berbagai pihak serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 06:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36408

Actions (login required)

View Item View Item