LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2 SD NEGERI SINDUADI 2 YOGYAKARTA KUTUPATRAN, SINDUADI, MLATI, SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Dian Ayu Setiawati, Dian Ayu Setiawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2 SD NEGERI SINDUADI 2 YOGYAKARTA KUTUPATRAN, SINDUADI, MLATI, SLEMAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Dian Ayu S. (12108244018).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang telah menyelesaikan semester 6 dan telah lulus dari kegiatan micro teaching di kampus oleh masingmasing jurusan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus selama kurang lebih 1 bulan di sekolah yang telah ditentukan oleh pihak LPPM. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. SD Negeri Sinduadi 2 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 15 September 2015. Sebelum program Praktik Pengalaman Lapangan, terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan dari jurusan dan diadakan observasi lokasi. Berdasarkan hasil observasi kondisi yang telah dilaksanakan, mahasiswa PPL dapat merumuskan dan merancang berbagai program yang akan dilaksanakan selama kegiatan PPL berlangsung. Adapun program yang telah praktikan laksanakan diantaranya pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, praktik mengajar mandiri 1 kali, dan ujian praktik mengajar 2 kali. Praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Selain itu, juga ada program non mengajar seperti pembinaan pramuka, pembuatan taman bermain, Menghias sekolah dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, Lomba 17-an, Pembuatan apotek hidup, Pelatihan Upacara, pengoptimalan dan penataan perpustakaan, penyampulan dan pengecapan buku teks, dan peringatan haornas. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Walaupun ada beberapa kendala namun kendala tersebut tidak begitu berarti sehingga program terlaksana sesuai dengan kebutuhan sekolah. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Sinduadi 2 maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, PraktikMengajar, SD Negeri Sinduadi 2
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 05:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36398

Actions (login required)

View Item View Item