Pengembangan Model-model Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Penelitian Tahun Ke-3 Desiminasi Terbatas Model Pembelajaran)

Yoyon Suryono, Prof.Dr. and Suparno, Dr., M.Pd. (2015) Pengembangan Model-model Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Penelitian Tahun Ke-3 Desiminasi Terbatas Model Pembelajaran). [Experiment/Research]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Lapran Penelitian Pegembangan Model-Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas PAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keberhasilan implementasi model pembelajaran anak usia dini yang mencakup model: (1) pembelajaran implementasi kelompok pertemuan orangtua berbasis kemitraan untuk meningkatkan partisipasi orangtua; (2) pembelajaran tim untuk meningkatkan keterampilan sosial anak melalui eksplorasi lingkungan alam, dan (3) permainan sandiwara boneka berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di tiga lokasi penelitian yaitu di taman kanak-kanak Surya Marta di Suryadiningratan, Yogyakarta, kelompok bermain Kuncup Melati, di Pakem, Sleman, dan kelompok bermain Citragami di Lendah Kulon Progo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama kemitraan orangtua dan pendidik melalui forum “kelompok pertemuan orangtua” belum menunjukkan hasil maksimal seperti yang diharapkan yang berupa manfaat dan dampak ke depan; pembelajaran tim dapat meningkatkan pembentukan keterampilan sosial melalui media eksplorasi lingkungan alam, mencakup setiap aspek keterampilan sosial; dan permainan sandiwara boneka dengan pendekatan sainstifik telah menunjukkan peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Ketiga model pembelajaran itu dapat terus digunakan secara rutin di setiap satuan pendidikan kelompok bermain sebagai alternatif untuk melaksanakan pembelajaran secara variatif, namun diperlukan penelitian dalam skala luas pada latar penelitian yang berbeda secara geografis, sosial, dan budaya untuk memastikan keterandalam model-model penelitian tersebut.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2015
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, pendidikan anak usia dini
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:01
Last Modified: 14 Jul 2016 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36392

Actions (login required)

View Item View Item