LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SD NEGERI DEMAKIJO 1

TIARA AJENG PERMANA, TIARA AJENG PERMANA (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SD NEGERI DEMAKIJO 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL TIARA AJENG PERMANA (12108241011).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan program yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS atau setara dengan 128 jam. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Selain itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 di SD Negeri Demakijo 1 akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain: meliputi; membuat media pembelajaran, membuat rencana program pembelajaran. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dengan durasi 2 X 35 menit untuk setiap pertemuan. Dapat dikatakan, kegiatan PPL di SD Negeri Demakijo 1 berjalan dengan lancar. Dalam kegiatan PPL di SD Negeri Demakijo 1, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas I B, kelas III A, kelas IV B, kelas V A dan kelas V B. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Dalam mengajar terdapat beberapa kendala. Kendala-kendala ini dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru dan dosen pembimbing serta dengan terus memperbaiki diri selama PPL.Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang terjadi di kelas. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan keragaman karakter.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri Demakijo 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36384

Actions (login required)

View Item View Item