PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG PERCOBAAN KIMIA SMP/ MTs KELAS VII MATERI POKOK UNSUR, SENYAWA DAN CAMPURAN

Lina , Marniningsih (2011) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG PERCOBAAN KIMIA SMP/ MTs KELAS VII MATERI POKOK UNSUR, SENYAWA DAN CAMPURAN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
AUDIOVISUAL_MEDIA_DEVELOPMENT_ON_THE_CHEMICAL_EXPERIMENTS_OF_SMP.doc

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media audio visual tentang percobaan kimia materi pokok unsur, senyawa dan campuran, sebagai media pembelajaran mandiri bagi siswa SMP/ MTs Kelas VII dan untuk mengetahui kualitas media audio visual yang telah disusun berdasarkan penilaian guru IPA SMP/ MTs. Pengembangan media audio visual ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer review. Instrumen penelitian media audio visual berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru IPA SMP/ MTs di wilayah Kab. Klaten. Penilaian yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 40 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media audio visual. Produk penelitian ini berupa media audio visual tentang percobaan kimia SMP/ MTs kelas VII materi pokok unsur, senyawa dan campuran yang disimpan dalam bentuk CD. Media audio visual tersebut terdiri dari 7 percobaan, yaitu (1) sifat unsur logam, (2) peruraian senyawa C12H22011, (3) pembentukan senyawa MgO, (4) campuran homogen dan heterogen, (5) pengenceran, (6) larutan, (7) perbedaan unsur, senyawa dan campuran. Komponen media audio visual terdiri dari: petunjuk penggunaan media audio visual, lembar kerja peserta didik, lembar evaluasi, standar kompetensi, kompetensi dasar, pengayaan materi unsur, senyawa dan campuran serta peralatan laboratorium yang digunakan. Berdasarkan penilaian guru IPA SMP/ MTs, media audio visual yang telah disusun mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 170,23 diatas skor idealnya yaitu 160,01. Oleh karena itu, media audio visual ini dapat digunakan sebagai media belajar untuk siswa SMP/ MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item