Bambang, Subali and Paidi, Dr., M.Si. and Siti, Mariyam (2015) PENGUKURAN KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP FENOMENA KEHIDUPAN DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. [Experiment/Research]
|
Text
Abstrak.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
laporn akhir final Bambang Subali UNY 2015.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan mengukur kreativitas keterampilan proses sains (KPS) aspek kehidupan murid SD pada mata pelajaran IPA yang item tesnya fit menurut Partial Credit Model (PCM). Tahap I ditujukan untuk memperoleh anchor items yang akan digunakan dalam tes tahap II. Tahap I diawali dengan penyusunan kisi-kisi KPS, penyusunan item, telaah oleh pakar, dan pengujicobaan terhadap 637 testi Kelas V dan VI SD di Kabupaten Sleman. Hasilnya, hanya satu dari 63 item yang tidak fit menurut PCM. Pada tahap II seluruh item dipisah menjadi 4 perangkat tes, masing-masing mengandung 20 item lengkap dengan anchor item. Tiap testi mengerjakan satu perangkat tes. Testi pada tes I 783 testi, tes II 764 testi, tes III 753 testi, dan tes IV 760 testi. Testi adalah siswa kelas IV dan V dari 10 UPTD pada lima kabupaten/kota di DIY, dan tiap UPTD diambil secara purposif enam sekolah. Hasilnya, seluruh item fit menurut PCM. Menurut skala logit, indeks kesulitan item kreativitas kategori keterampilan dasar -0,73 sampai 0,75 dengan rata-rata 0,01, indeks kesulitan item kreativitas kategori keterampilan memroses -0,41 sampai 0,39 dengan ratarata 0,01. Skor rata-rata dan simpangan baku kemampuan kreativitas testi kelas IV sebesar - 0.66 ± 0,21 dan kelas V sebesar -0.59 ± 0,14 sehingga tergolong rendah. Pada tahap III dilakukan pengukuran dengan skala yang lebih luas yakni pada 14 UPT/UPTD di 5 Kabupaten/Kota pada peserta didik kelas IV, V, dan VI. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak selalu SD-SD sampel yang berada di UPT?UPTD perkotaan memperoleh peringkat tinggi.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Fundamental 2015 |
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, keterampilan proses sains, partial credit model. |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 01:59 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 01:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |