Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) Sains untuk Meningkatkan Perilaku Berkarakter melalui Aktivitas Praktikum Berbasis PAIKEM

Masrani, Masrani (2012) Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) Sains untuk Meningkatkan Perilaku Berkarakter melalui Aktivitas Praktikum Berbasis PAIKEM. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-masrani-10708259014.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui cara mengembangkan, kelayakan dan keefektifan Subject Specific Pedagogy (SSP) hasil pengembangan untuk meningkatkan perilaku karakter bertanggung jawab, teliti dan kreatif peserta didik pada pembelajaran sains SMP di kelas VIII, pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Proses pengembangan dilakukan melalui tujuh tahap yaitu penelitian pendahuluan dan mengumpulkan informasi, perencanaan, pengembangan draft ,uji coba awal (uji coba terbatas), revisi produk pertama, uji coba akhir (uji coba lapangan), dan revisi produk operasional. Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini adalah 23 orang peserta didik SMPN 2 Depok Yogyakarta kelas VIII dan 24 orang peserta didik SMPN 2 Rantau Badauh, Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala, Propinsi Kalimantan Selatan. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen adalah 47 orang peserta didik kelas VIII A dan B SMPN 1 Rantau Badauh, Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala Propinsi, Kalimantan Selatan dan pada kelas control sebanyak 47 orang peserta didik SMPN 2 Rantau Badauh Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala, Propinsi Kalimantan Selatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi perangkat SSP, lembar observasi karakter, angket dan tes hasil belajar sains (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SSP hasil pengembangan ditinjau dari aspek silabus, aspek RPP, aspek materi ajar, aspek LKPD, aspek soal tes hasil belajar, lembar observasi dan aspek respon peserta didik, menurut ahli secara umum berkategori “baik”. Penerapan SSP dalam pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan kategori “baik”. Respon peserta didik terhadap penggunaan SSP dalam pembelajaran adalah “setuju”. Dari pelaksanaan respon peserta didik tentang penerapan SSP sains untuk meningkatkan perilaku berkarakter melalui aktivitas praktikum berbasis PAIKEM menunjukkan perbedaan yang signifikan, terlihat dari hasil belajar peserta didik yang menggunakan SSP hasil pengembangan ini dibandingkan dengan yang tidak. Hasil penerapan SSP dalam Pembelajaran sains dapat meningkatkan karakter tanggung jawab, teliti dan kreatif serta hasil belajar sains yang ditunjukkan dengan nilai yang dicapai oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject-Specific Pedagogy (SSP) Sains, karakter, aktivitas praktikum, PAIKEM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:47
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36355

Actions (login required)

View Item View Item