Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Web (e-Biofun) Materi Organisasi Kehidupan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 9 Yogyakarta

Magdalena, Marini (2012) Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Web (e-Biofun) Materi Organisasi Kehidupan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 9 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marini-magdalena-10708251013.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran IPA Biologi berbasis web (e-Biofun) materi organisasi kehidupan yang sistematis sesuai dengan kaidah penelitian dan pengembangan; mengetahui kualitas e-Biofun hasil pengembangan ditinjau dari aspek materi dan aspek media; mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan e-Biofun hasil pengembangan; mengetahui motivasi peserta didik terhadap penggunaan e-Biofun dalam pembelajaran IPA Biologi materi Organisasi Kehidupan dengan menggunakan e-Biofun; dan mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan e-Biofun. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model 4-D dengan tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebar luasan). Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Penilaian produk dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 2 guru IPA. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas VII SMPN 9 Yogyakarta, dengan rincian 3 peserta didik untuk uji coba satu-satu, 10 peserta didik untuk uji kelompok kecil, dan 34 peserta didik untuk uji lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah angket penilaian untuk ahli materi, ahli media, dan guru IPA, lembar observasi, angket tanggapan peserta didik dan motivasi belajar, lembar soal pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dari lembar angket dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Data dari hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan gain score yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) e-Biofun dikembangkan sesuai dengan kaidah penelitian dan pengembangan model 4-D. 2) Kualitas e-Biofun ditinjau dari aspek materi dinilai “sangat baik” dengan rerata skor 38,2 (rentang skor 35,7 ≤ x ≤ 44), ditinjau dari aspek media dinilai “sangat baik“ dengan rerata skor 48,2 (rentang skor 45,5 ≤ x ≤ 56). 3) Tanggapan peserta didik terhadap e-Biofun yaitu siswa setuju bahwa (a) e-Biofun dapat meningkatkan minat belajar, (b) materi dan alat evaluasi mudah dipahami, (c) e-Biofun memiliki kualitas tampilan yang baik, (d) pemilihan aplikasi tepat (e) siswa sangat setuju bahwa e-Biofun mudah dioperasikan. 4) ada peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan e-Biofun, 5) terjadi peningkatan hasil belajar kategori sedang dengan rerata skor gain 0,63 dan 82% jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-Biofun yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran, dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, organisasi kehidupan, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:40
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36351

Actions (login required)

View Item View Item