LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015 DI SMP N 1 PAKEM

Pitri Dwi Astuti, Pitri Dwi Astuti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015 DI SMP N 1 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12416244010 Pitri Dwi Astuti Pendidikan IPS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan strategi untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari lapangan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pakem mulai tanggal 11 Agustus hingga 11 September 2015. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan RPP, dan pembuatan media pembelajaran serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 20 Agustus 2015 sampai tanggal 10 september 2015. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 7 dan 8) di kelas VII C dan Kamis (Jam ke 7 dan 8) di kelas VII C mengajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi “Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia” (Mendiskripsikan kehidupan pada masa Pra-Aksara di Indonesia). Pengajaran dilakukan dengan cara Mengajar Terbimbing. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. Namun, hal ini secara umum tidak mempengaruhi kinerja praktikan dalam melaksanakan programnya. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tidak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak mahasiswa, guru, karyawan dan siswa SMP Negeri 1 Pakem.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36340

Actions (login required)

View Item View Item