PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERINTEGRASI NILAI KARAKTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA

Suyantiningsih, M.Ed and Isniatun, Munawaroh and Sisca, Rahmadonna (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERINTEGRASI NILAI KARAKTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN SUYANTININGSIH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi dengan nilai karakter untuk siswa sekolah dasar di Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmet (R & D) yang mengadopsi dari model pengembangan versi Borg and Gall. Subjek penelitian adalah guru dan siswa sekolah dasar kelas I yang berada di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang didukung focus group discussion (FGD) serta buku catatan lapangan/logbook. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas I sekolah dasar di Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah: (1) Teridentifikasikannya model pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar dan model implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar terutama kelas 1 melalui studi pendahuluan; (2) Terlaksananya Focus Group Discussion (FGD) untuk mengintegrasikan nilai karakter; dan (3) Dihasilkannya prototype multimedia pembelajaran dan tervalidasinya multimedia oleh experts.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, nilai karakter, sekolah dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:15
Last Modified: 13 Jul 2016 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36339

Actions (login required)

View Item View Item