LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 PAKEM

Tria Oktaviani, Tria Oktaviani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 PAKEM. Project Report. Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12401241026 Tria Oktaviani PKnH.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktekkan teoriteori yang telah mereka pelajari dalam perkuliahan. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa juga mendapatkan wawasan dan pengalaman yang lebih sebagai bekal di masa depan ketika mereka akan terjun di dunia pendidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tentang kegiatan operasional di sekolah sehingga mereka dapat mengabdikan diri bagi sekolah. Mereka juga dapat memiliki bekal keterampilan yang lebih di dalam dunia pendidikan sehingga mereka siap saat akan terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya nantinya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 di SMP Negeri 1 Pakem sangatlah bermanfaat bagi kedua belah pihak. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Pakem, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dikelas VII yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, dan IX D. Penyusun melakukan praktek mengajar di kelas setiap hari Selasa jal pelajaran ke 7-8, Rabu jam pelajaran ke 5-6, Kamis jam pelajaran ke 1-2, dan Jumat jam pelajaran ke 5-6. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 1 Pakem, Tegalsari, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:11
Last Modified: 21 Aug 2018 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36338

Actions (login required)

View Item View Item