LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 PAKEM JALAN KALIURANG KM 17 TEGALSARI, PAKEM BINANGUN, PAKEM, SLEMAN PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015

Septi Nur Hidayati, Septi Nur Hidayati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 PAKEM JALAN KALIURANG KM 17 TEGALSARI, PAKEM BINANGUN, PAKEM, SLEMAN PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12301241020 Septi Nur Hidayati P. MATEMATIKA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru, baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Sakah satu lokasi yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah SMP Negeri 1 Pakem, Sleman. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 28 Februari sampai 12 September 2015. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan di SMP Negeri 1 Pakem. Secara keseluruhan fasilitas yang dimiliki SMP Negeri 1 Pakem ini sudah cukup lengkap, meskipun ada beberapa prasarana yang belum dimiliki oleh SMP Negeri 1 Pakem ini. Selama praktik mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas VIII dengan jumlah 2 kelas, dari 2 kelas dibagi menjadi 2 karena dari jurusan Pendidikan Matematika terdapat dua mahasiswa yang melakukan PPL di SMP Negeri 1 Pakem ini. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program-program kami tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Selain itu, adanya persiapan dan perencanaan yang matang dari praktikan. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPLPPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMP Negeri 1 Pakem akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). . Praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas VIII C selama praktik mengajar. Materi yang diberikan antara lain Faktorisasi Suku Aljabar, yang meliputi pemfaktoran selisih dua kuadrat, pemfaktoran bentuk kuadrat, operasi hitung pecahan aljabar, dan penyederhanaan pecahan, serta bab Fungsi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu juga memperoleh pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, SMP N 1 Pak
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36335

Actions (login required)

View Item View Item