Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA

Martanti, Lulul Widhi (2012) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lulul-widhi-martanti-10708251025.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendekatan CTL terhadap keterampilan proses sains dan (2) pengaruh pendekatan CTL terhadap sikap ilmiah siswa SMA kelas X materi pokok Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Potstest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA 1 Pleret kelas X, sedangkan sampel penelitiannya kelas XA sebagai kelompok kontrol dan kelas XD sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pendekatan CTL, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi sikap ilmiah, lembar observasi ketercapaian pembelajaran dengan pendekatan CTL, soal pre test dan post test keterampilan proses serta angket sikap ilmiah. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi keterampilan proses, hasil observasi sikap ilmiah, hasil observasi ketercapaian pembelajaran dengan pendekatan CTL, pre test post test keterampilan proses dan angket sikap ilmiah dengan uji independent sample t test untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah secara terpisah dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih tinggi dari keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran dengan pendekatan konvensional ditunjukkan dengan probabilitas (p) uji t gain score dan hasil observasi keterampilan proses lebih kecil dari 0,05 (p = 0,018 dan 0,006) dan (2) Sikap ilmiah siswa pada pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih tinggi dari sikap ilmiah sains siswa pada pembelajaran dengan pendekatan konvensional ditunjukkan dengan probabilitas (p) uji t gain score dan hasil observasi sikap ilmiah lebih kecil dari 0,05 (p = 0,005 dan 0,007).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), keterampilan proses sains dan sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:00
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36326

Actions (login required)

View Item View Item