Pengembangan Subject Spesicific Pedagogy (SSP) Biologi Berbasis Domain Sikap untuk Meningkatkan Karakter Kritis dan Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta

Zubaidah, Leny (2012) Pengembangan Subject Spesicific Pedagogy (SSP) Biologi Berbasis Domain Sikap untuk Meningkatkan Karakter Kritis dan Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-leny-zubaidah-10708259030.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan SSP biologi berbasis domain sikap untuk meningkatkan karakter kritis dan peduli lingkungan siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta, (2) mengetahui kemampuan SSP yang dikembangkan untuk meningkatkan karakter kritis dan peduli lingkungan pada siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang dikembangkan oleh Brog & Gall dengan melaksanakan studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draf SSP dan validasi, uji coba lapangan awal, revisi, uji coba lapangan terbatas, evaluasi dan penyempurnaan. Subjek coba dalam penelitian ini adalah 77 orang siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta dengan rincian: 15 orang siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta untuk uji coba lapangan awal dengan metode one-shot case study design dan 62 orang siswa untuk uji coba lapangan terbatas dengan metode pre-test post-test control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian SSP, lembar angket, lembar observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Hasil pengembangan SSP biologi berbasis domain sikap untuk meningkatkan karakter kritis dan peduli lingkungan siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta terdiri dari : (1) silabus, (2) RPP, (3) materi pelajaran, (4) LKS, dan (5) lembar penilaian siswa. Hasil penilaian kelayakan SSP yang dikembangkan ditinjau dari komponen silabus, komponen RPP, komponen materi pelajaran, komponen LKS, dan komponen lembar penilaian siswa, menurut ahli materi, guru biologi, maupun teman sejawat secara umum berkategori sangat baik dan layak digunakan. Penerapan SSP yang dikembangkan dalam pembelajaran biologi secara umum dapat terlaksana dengan kategori sangat baik. Respon siswa terhadap penerapan SSP yang dikembangkan dalam proses pembelajaran secara umum setuju. Proses pembelajaran dengan menerapkan SSP yang dikembangkan mampu meningkatkan karakter kritis dan peduli lingkungan, dilihat dari skor yang dicapai oleh siswa. Selain terjadinya peningkatan karakter kritis dan peduli lingkungan pada siswa juga terjadi peningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan SSP, domain sikap, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 07:46
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36321

Actions (login required)

View Item View Item