Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Kit IPA Dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa SMP N 1 Minggir

Kardono, Kardono (2012) Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Kit IPA Dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa SMP N 1 Minggir. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kardono-09708251012.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keefektifan pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode eksperimen dan dengan metode demonstrasi dalam hal untuk meningkatkan minat belajar 2) keefektifan pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode eksperimen dan dengan metode demonstrasi dalam hal untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa, 3) pengaruh pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap minat belajar dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Minggir tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, diambil 2 kelas yaitu kelas pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode demonstrasi sebanyak 35 siswa dari jumlah keseluruhan sebanyak 6 kelas. Pengambilan data minat belajar dilakukan menggunakan angket dengan pretest, posttest dan untuk data sikap ilmiah pengambilan data dilakukan menggunakan angket dengan pretest, posttest serta observasi pada proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam hal minat belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode eksperimen lebih efektif daripada dengan metode demonstrasi yang ditunjukkan oleh nilai Adjusted R2 different sebesar 0,146 (2) dalam hal sikap ilmiah pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode eksperimen lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode demonstasi yang ditunjukkan dengan nilai Adjusted R2 different sebesar 0,147 (3) terdapat pengaruh antara pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode eksperimen terhadap minat belajar sebesar 0,997 dan terhadap sikap ilmiah sebesar 0,758 Sementara itu, terdapat pengaruh antara pembelajaran menggunakan Kit IPA dengan metode demonstrasi terhadap minat belajar sebesar 0,851 dan terhadap sikap ilmiah sebesar 0,611.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan pembelajaran menggunakan kit IPA, metode eksperimen, metode demonstrasi, minat belajar, sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 07:28
Last Modified: 29 Jan 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36314

Actions (login required)

View Item View Item