IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI W'ILAYAH KABUPATEN KULON PROGO

Lilik , , Prihastuti (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI W'ILAYAH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img] Text
IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_KIMIA_DALAM_MENGHADAPI_PELAKSANAAN_KURIKULUM_TINGKAT_SATUAN_PENDIDIKAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untLik mengetahui: (1) implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP. (2) kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP, (3) hubungan antara kesiapan sarana dan prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP, (4) kendala-kendala yang dihadapi guru kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA di wilayah Kabupaten Kulon Progo ditinjau dari aspek persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah SMA di wilayah Kabupaten Kulon Progo, dan sebagai sampel adalah 13 SMA yang diarnbil dengan teknik purpo.szve .cumpling. Data dalam penelitian ini diambil melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase dan korelasi procluct moment antara kesiapan sarana dan prasarana dengan implementasi pembe(ajaran kimia dalacn menghadapi pelaksanaan KTSP. Hasil penelitian memnjukkan bahwa implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaa.n KTSP pada SMA di wilayah Kabupaten Kulon Progo adalah tinggi dengan rerata persentase 78,04 °'o meskipun sarana dan prasarana yang mendukung hanya memiliki kategori sedang dengan rerata presentase 64,68 %. Dengan menggunakan rumus korelasi product moment antara kesiapan sarana dan prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP diperoleh besarnya nilai koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,607. Harga r hitung yang diperoleh lebih besar daripada r tabel pada taraf signitikansi 5 °'o untuk N = 13 yaitu sebesar 0,553. Disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan sarana dan prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia. Ditemukan pula bahwa dalam implernentasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA di wilayah Kabupaten Kulon Progo terdapat beberapa kendaia dalam persiapan, pelaksanaan dan penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3631

Actions (login required)

View Item View Item