Pengaruh Pendekatan Guided Inquiry terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Sains Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Muara Uya

Farida, Isna (2012) Pengaruh Pendekatan Guided Inquiry terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Sains Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Muara Uya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isna-farida-10708259002.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh motivasi, aktivitas dan hasil belajar belajar peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan guided inquiry dengan peserta didik yang menggunakan pendekatan ekspositori. (2) pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap motivasi belajar sains, (3) pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap aktivitas belajar sains, (4) pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap hasil belajar sains. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan control group design with prettes and posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Muara Uya, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, semester II tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Sebanyak 27 peserta didik diajar dengan pendekatan guided inquiry dan 27 peserta didik diajar dengan pendekatan ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket untuk motivasi belajar dan tes untuk hasil belajar, diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Lembar opservasi aktivitas belajar digunakan selama pembelajaran berlangsung. Validitas dan reliabilitas instrumen tes dianalisis dengan program SPSS 19,0 For windows. Analisis data untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap motivasi, aktivitas, dan hasil belajar sains peserta didik menggunakan MANOVA. Untuk mengetahui pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar menggunakan uji t-paired, untuk mengetahui pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap aktivitas belajar menggunakan uji ANOVA. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov. Uji homogenitas menggunakan Box M. Semua pengujian dilakukan dengan SPSS 19,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan pengaruh motivasi, aktivitas dan hasil belajar sains peserta didik yang menggunakan pendekatan guided inquiry dengan peserta didik yang menggunakan pendekatan ekspositori. (2) ada pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap motivasi belajar, (3) ada pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap aktivitas belajar, (4) ada pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap hasil belajar sains kelas VII di SMP Negeri 1 Muara Uya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran guided inquiry, motivasi, aktivitas, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 07:07
Last Modified: 29 Jan 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36302

Actions (login required)

View Item View Item