LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 10 Agustus 2015 s.d. 12 September 2015

Abdul Aziz Gumilang, Abdul Aziz Gumilang (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 10 Agustus 2015 s.d. 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU BAB I II DAN III.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wujud penerapan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan beberapa imu yang telah didapat. PPL merupakan salah satu wadah untuk memberikan bakat mahasiswa kepada peserta didik. Mahasiswa yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang tertentu dapat berbagi ilmu kepada peserta didik guna menambah pengetahuan peserta didik pada khususnya dan dapat memajukan kualitas sekolah pada umumnya. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP N 1 Minggir, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari 6 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain ceramah, penugasan, dan tanya jawab(kuis). Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media antara lain: gambar, video, slide powerpoint, beserta alat yang digunakan dalam pembelajaran. Untuk melatih konsentrasi, siswa diajak melihat video ilusi mata dan tebak gambar. Banyak kendala pada saat dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu ramai. Selain pembelajaran di kelas juga ada kegiatan penunjang di luar kelas yaitu adanya seleksi TONTI, pendampingan PASKIBRA pada acara HUT Kemerdekaan RI ke-70, dan pendampingan drumband. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa PPL menjadi tahu tentang kegiatan sekolah dan penunjang siswa di luar jam KBM. Dengan adanya penunjang tersebut mahasiswa menjadi bisa menambah pengalamannya yang berguna di masa depan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional. Serta dapat memajukan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 1 Minggir, Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jul 2016 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36284

Actions (login required)

View Item View Item