PENGEMBANGAN MODEL ASSESSMENT “PLST” UNTUK MENDETEKSI PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI

Nelva, Rolina and Eva, Imania E., M.Pd. and Aprilia Tina, Lidyasari (2015) PENGEMBANGAN MODEL ASSESSMENT “PLST” UNTUK MENDETEKSI PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
laporan fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil akhir penelitian ini, yaitu pada akhir tahun ketiga (tahap III) diharapkan dapat ditemukan model assessment “PLST” serta perangkat panduannya dalam pembelajaran di TK, yang dapat digunakan oleh guru untuk mendeteksi dan memantau perkembangan kemampuan bahasa, mengidentifikasi jumlah kosa kata dan kalimat yang dikuasai anak, serta tahapan-tahapan perkembangan bahasa berikutnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengadopsi model research, development, and diffusion dari (Hopkins & Clark, 1976). Penelitian tahap research (tahun I), yaitu: a) penelitian pendahuluan dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan assessment pada TK kelompok A dan B di Kabupaten/Kota DI Yogyakarta. b) Studi hasil-hasil penelitian dimaksudkan untuk mengetahui hasil penelitian yang telah dilakukan para pakar dalam kaitan dengan topik yang diteliti. c) Analisis kurikulum dimaksudkan untuk mengetahui dan memetakan perkembangan kemampuan bahasa anak TK berdasarkan standar kompetensi dan indikator pencapaian. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk menjaring need assessment sebagai dasar dalam merancang prototype model assessment PLST. Pada penelitian tahap II (tahun II), yaitu tahap development, prototipe awal model dikembangkan menjadi model. Kegiatan yang dilakukan pada tahap II (tahun II) ini meliputi uji validasi pakar, uji keterbacaan, revisi, melatih guru TK, ujicoba terbatas, dan ujicoba diperluas sampai ditemukan model yang sesuai antara konsep teoritis dengan data empirik di lapangan. Kemudian, pada tahap III (tahun III) yaitu diffussion merupakan tahap pengembangan model dalam skop yang lebih luas yang terdiri atas kegiatan diseminasi, demonstrasi, dan pelatihan guru TK.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015
Uncontrolled Keywords: model assessment PLST, kemampuan bahasa, anak usia dini
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 13 Jul 2016 01:39
Last Modified: 13 Jul 2016 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36265

Actions (login required)

View Item View Item