Jamilah, M.Pd. and Suharso, Pudjo (2015) PENGEMBANGAN BAHAN ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSES BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. [Experiment/Research]
Text
2. Abstrak.docx Download (16kB) |
||
|
Text
1.laporan hiber 2015 lengkap.pdf Download (833kB) | Preview |
Abstract
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terselenggaranya pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi yang mampu menciptakan keterampilan dan kemandirian belajar mahasiswa yang akan mendukung penguasaan bidang studi mereka. Target khusus penelitian ini adalah tersedianya bahan ajar Bahasa Inggris yang berbasis analisis kebutuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Reasearch and Development) yang dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta yang melibatkan dosen, mahasiswa di lingkungan UNY. Pemilihan sampel mahasiswa yang dijadikan responden dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sedangkan responden dari dosen dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kusioner, observasi dan interviu, dan focus group discussion. Instrument pengumpul data berupa kuesioner, daftar tilik onservasi, dan panduan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan memanfaatkan persentase. Langkah-langkah penelitian meliputi analisis kebutuhan, penyusunan kisi-kisi materi ajar, pengembangan bahan ajar dan evaluasi bahan ajar. Sampai saat ini penelitian ini sudah berhasil mengembangkan draf bahan ajar meskipun masih memerlukan perbaikan.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015 |
Uncontrolled Keywords: | web-based learning, EAP, keterampilan belajar, kemandirian belajar, Bahasa Inggris, bahan ajar |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 01:27 |
Last Modified: | 13 Jul 2016 01:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36262 |
Actions (login required)
View Item |