PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KARAOKE INTERAKTIF ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK USIA DINI

Estu Miyarso, M.Pd and Rina Wulandari, S.Pd. and Ariyawan Agung, Nugroho (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KARAOKE INTERAKTIF ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK USIA DINI. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Estu Miyarso_UNY_Lap hasil_HB_2015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan multimedia karaoke interaktif anak yang layak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal bagi pendidikan anak usia dini. 2) Mengetahui efektivitas multimedia karaoke interaktif anak dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal bagi pendidikan anak usia dini. Tujuan khusus yang akan dihasilkan pada tahun pertama, yaitu; 1) diperoleh data tentang kebutuhan anak/ sekolah akan pentingnya pengembangan multimedia karaoke interaktif anak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal pada anak usia dini. 2) dihasilkan desain produk multimedia karaoke interaktif anak untuk belajar anak usia dini. 3) dihasilkan desain model pembelajaran dengan multimedia karaoke interaktif anak untuk PAUD. 4) dihasilkan instrumen penilaian validitas/ kelaikan produk. 5) dihasilkan multimedia karaoke interaktif anak untuk meningkatkan kemampuan konukasi verbal pada PAUD yang sudah divalidasi dari segi kelaikan produknya. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah PAUD di wilayah Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Prosedur pengembangan penelitian ini meliputi: analisis kebutuhan, perencanaan pengembangan, desain produk dan model pembelajaran, penilaian kelaikan produk, uji coba produk, uji efektivitas produk, dan diseminasi produk final. Teknik pengumpulan datanya yaitu: FGD, angket; wawancara; dan dokumentasi. Analisis data meliputi; data kuantitatif untuk penelitian dan pengumpulan data awa serta uji validasi dari para ahli, adapun data kualitatif dianalisis dengan deksriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa tujuan khusus atau target luaran pada tahun pertama ini telah tercapai. Hasil analisis kebutuhan menunjukan dukungan dari guru dan orang tua tentang perlunya pengembangan produk multimedia karaoke interatif anak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal. Hasil uji validasi awal disimpulkan desain produk multimedia masih masuk pada kriteria kurang baik dan terus untuk direvisi hingga tahapan validasi ini selesai. Selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya agar tujuan, target luaran, dan manfaatnya dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Karaoke Interaktif Anak, Kemampuan Komunikasi Verbal, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 13 Jul 2016 01:11
Last Modified: 13 Jul 2016 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36255

Actions (login required)

View Item View Item