LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BIMOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

NURSALAM, NURSALAM (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BIMOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUR SALAM.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan pada institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngemplak, yang beralamatkan di Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Dalam praktik mengajar untuk kegiatan PPL, mahasiswa praktikan dibimbing oleh guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani yang sekaligus menentukan jadwal praktik mengajar dan menjadi guru pembimbing. Isi jadwal praktik mengajar tersebut meliputi waktu pelaksanaan dan topik yang akan dibahas pada saat praktik mengajar. Selain itu praktikan juga dibimbing oleh dosen mikro dan dosen PPL sesuai dengan program studi praktikan yang dilakukan sebelum PPL dimulai. Sebagai persiapan mengajar praktikan harus membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang dikonsultasikan dahulu dengan guru pembimbing sebelum praktek mengajar. Hal tersebut dilakukan agar praktikan memiliki pedoman dalam pelaksanaan praktik. Selain itu juga memudahkan praktikan dalam penyampaian materi sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai. Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa praktikan mengampu mata pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas XA, XB, XC, dan XD. Pembelajaran ini dilaksanakan selama satu bulan lebih atau kurang lebih 5 kali pertemuan. Pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran teori dan praktik. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas, baik di kelas teori maupun di kelas praktik. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini tidak terlepas dari hambatan-hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMA N 1 Ngemplak, PPL 2015, Pendidikan Jasmani
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 09:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36243

Actions (login required)

View Item View Item