PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMAN2 WONOSARI

Kusuma Dewi, Okta (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMAN2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_OKTA KD_12804241002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 2 Wonosari melalui Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu mendeskripsikan Konsep Manajemen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMAN 2 Wonosari yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi motivasi belajar, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan Konsep Manajemen kelas X IPS 2 SMAN 2 Wonosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap indikator motivasi belajar ekonomi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata motivasi belajar ekonomi sebesar 6,49% dari skor rata-rata motivasi belajar ekonomi siklus I sebesar 77,56% menjadi sebesar 84,05% dari skor rata-rata motivasi belajar ekonomi siklus II. Prestasi belajar ekonomi juga meningkat dari siklus I dengan rata-rata sebesar 84,37 menjadi 90 pada siklus II, dan ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sebesar 81,25% menjadi 100% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36187

Actions (login required)

View Item View Item