LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI MINOMARTANI 6

Astri Prastiwi, Astri Prastiwi (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI MINOMARTANI 6. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108244096_Astri Prastiwi_PGSD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tri Dharma Perguruan Tinggi mempunyai tiga pilar yang mencakup pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Menyangkut ketiga pilar tersebut maka mahasiswa sebagai calon guru sebagai bagian integral dari perguruan tinggi juga dituntut untuk terlibat dalam ketiga tugas tersebut. Terkait dengan hal tersebut maka mahasiswa melaksanakan paktik pengalaman lapangan (PPL). Melalui PPL mahasiswa dapat berbuat sesuatu di lapangan yang telah direncanakan. Mengenai pelaksanakan PPL dalam bidang sekolah maka untuk mahasiswa untuk bidang studi PGSD melaksanakan PPL di SD yang sesuai bidangnya. Pelaksanaan PPL tahun 2014 dilaksanakan secara kelompok. Tim PPL kami mendapatkan tugas PPL di SDN Minomartani 6. Sekolah ini terletak di Jalan Kakap XI, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Sekolah ini memiliki letak yang srategis dan memiliki potensi tersendiri. Potensi yang dimiliki salah satunya adalah siswa-siswi yang begitu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Maka tugas mahasiswa PGSD di sini adalah menggali potensi tersebut dan mempraktikkan ilmu yang telah diterima dikampus. Ilmu yang telah dipraktikan mahasiswa PGSD adalah kegiatan mengajar yang juga disebut praktik pengalaman lapangan (PPL). Tujuan utama dari pelaksanaan PPL adalah 1) menyiapkan dan mengahasilkan calon guru sekolah dasar yang memiliki nilai, sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan profesional, 2) mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai kedalam praktik keguruan, latihan untuk memasuki kehidupan nyata bagi para calon pendidik yang pada hakikatnya sekolah merupakan dunia nyata setelah lulus perguruan tinggi. Kegiatan PPL yang bertempat di SDN Minomartani 6 hasil dari pelaksanaan PPL yaitu berupa program pelaksanaan praktik pengajaran terbimbing 11 kali, pembuatan RPP, melaksanakan administrasi sekolah, menerapkan pembelajaran kelas rendah (tematik), melaksanakan ujian praktik mengajar dan pembuatan laporan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, potensi, praktik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36170

Actions (login required)

View Item View Item