Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B PAUD Anak Sholeh Purwokerto)

Mulyana, Ilva Dwi (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B PAUD Anak Sholeh Purwokerto). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ilva-dwi-mulayana-14717251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperbaiki proses keterampilan berbicara anak usia dini melalui kegiatan bermain peran (2) untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di PAUD Anak Sholeh Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengadaptasi dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas tiga pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Anak Sholeh Purwkerto yang berjumlah 16 anak yaitu 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yaitu keterampilan berbicara melalui kegiatan bermain peran dapat meningkat. Kondisi awal keterampilan berbicara anak usia dini di PAUD Anak Sholeh Purwokerto sebelum dilakukan tindakan penelitian masih sangat rendah hanya sebesar 61,01%. Pada Siklus I keterampilan berbicara meningkat menjadi 63,19%, sehingga persentase peningkatan antara sebelum tindakan dan Siklus I sebesar 2,18%. Pada siklus II terjadi peningkatan keterampilan berbicara menjadi 88,48%. Peningkatan persentase keterampilan berbicara antara Siklus I dan Siklus II yaitu sebesar 25,29%. Dengan demikian kegiatan bermain peran dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, anak usia dini, bermain peran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:07
Last Modified: 09 May 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36150

Actions (login required)

View Item View Item