Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Prestasi Belajar dan Pembentukan Karakter Peserta Didik

Afriadi, Hari Suryawan (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Prestasi Belajar dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hari-suryawan-afriadi-10708251011.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model konvensional terhadap prestasi belajar bila kemampuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik dan 2) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model konvensional terhadap pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model konvensional, variabel terikat adalah prestasi belajar dan pembentukan karakter peserta didik dan variabel kontrol adalah kemampuan awal peserta didik. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA UII Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2011-2012, yang terbagi menjadi tiga kelas dengan jumlah 72 peserta didik. Dari tiga kelas yang ada ditentukan menjadi dua kelas sebagai sampel penelitian dengan jumlah 48 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi belajar, lembar observasi pembentukan karakter dan angket karakter. Data dianalisis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA) untuk data prestasi belajar, sedangkan analisis deskriptif dan uji-t untuk data pembentukan karakter peserta didik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan pengaruh prestasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional bila kemampuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik dibuktikan dengan hasil uji ANAKOVA yaitu nilai signifikansi (0,000)<α(0,05). Hal ini membuktikan adanya pengaruh positif atau peningkatan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik masing-masing kelas yakni sebesar 75,14 dan 69,86. 2) Terdapat perbedaan pengaruh pembentukan karakter antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional dibuktikan dengan hasil uji-t yaitu nilai signifikansi (0,04)<α(0,05). Hal ini membuktikan adanya pengaruh positif atau peningkatan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilihat dari nilai rata-rata pembentukan karakter peserta didik masing-masing kelas yakni sebesar 63,58 dan 53,12.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif STAD, prestasi belajar, pembentukan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:02
Last Modified: 12 Jul 2016 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36145

Actions (login required)

View Item View Item