PENGEMBANGAN MODEL “CHARACTER EDUCATION WITH RESIDENT ASSISTANT” (CERA) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PERKULIAHAN UNTUK MEMPERSIAPKAN CALON GURU KIMIA BERKARAKTER

Lis, Permana Sari and Sukisman, Purtadi (2015) PENGEMBANGAN MODEL “CHARACTER EDUCATION WITH RESIDENT ASSISTANT” (CERA) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PERKULIAHAN UNTUK MEMPERSIAPKAN CALON GURU KIMIA BERKARAKTER. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Abstrak_HB Rr Lis Permana_2015.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan HB Rr Lis Permana_UNY_2015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ciri khas kimia yang bersesuaian dengan karakter bangsa dan diimplementasikan dalam pendidikan karakter pada perkuliahan di Program Studi Pendidikan Kimia serta mengembangkan pedoman perkuliahan dan penilaian kimia berbasis karakter untuk calon guru kimia. Urgensi penelitian ini diarahkan sesuai dengan RIP Universitas Negeri Yogyakarta pada Tema Payung/Isu strategis ”Pendidikan Karakter Bangsa” yaitu Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa sebagai Rujukan Nasional dan Regional Di Berbagai Jenjang, Jenis dan Jalur Pendidikan. Penelitian ini merupakan bagian dari penyiapan calon guru kimia yang berkarakter. Model perkuliahan berbasis Character Education With Resident Assistant (CERA) ini diharapkan nantinya dapat menjadi percontohan dan dapat diadaptasi untuk model penguatan karakter calon guru bidang studi yang lain. Penelitian Tahun Pertama difokuskan pada tahap Karakterisasi meliputi need assessment dan penetapan indikator dan blueprint. Kemudian dilakukan tahap pengembangan model dilengkapi buku pedoman perkuliahan berbasis karakter. Luaran yang ditargetkan adalah Model Perkuliahan berbasis Character Education With Resident Assistant (CERA), buku pedoman pembelajaran kimia berbasis karakter disamping artikel dalam jurnal ilmiah tingkat nasional dan internasional. Penelitian ini menggunakan paradigma campuran antara kuantitatif dan kualitatif Metode yang digunakan adalah “exploratory mixed method design” dengan model “instrument development model”. Mixed method design ini dipilih sebagai prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memadukan penelitian dan metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian untuk memecahkan masalah. Model pengembangan instrumen (instrument development model) dipilih karena sesuai dalam proses pengembangan dan implementasi instrumen kuantitatif berdasarkan temuan kualitatif (Creswell & Plano Clark, 2007). Tahap-tahap penelitian yang dilakukan dapat dirangkum dalam empat tahap, yaitu: tahap kualitatif, pengembangan instrumen, tahap kuantitatif, dan interpretasi. Kesimpulan untuk penelitian tahun pertama ini adalah : (1) Dihasilkan instrumen dan rambu-rambu penilaian untuk uji feasibilitas Model Character Education With Resident Assistant (CERA). (2) Dihasilkan Model Character Education with Resident Assistant (CERA) dalam perkuliahan untuk menyiapkan calon guru kimia yang berkarakter. (3) Dihasilkan Buku pedoman perkuliahan dan pedoman penilaian kimia berbasis karakter yang teruji feasibilitasnya. (4) Dihasilkan Perangkat perkuliahan kimia untuk implementasi Model Character Education with Resident Assistant (CERA), berupa teaching material, Silabus dan Rencana Perkuliahan. Penelitian tahun kedua akan dilakukan implementasi model yang dikembangkan pada beberapa perkuliahan di Program Studi Pendidikan Kimia dan penyempurnaan syntax Model CERA.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015
Uncontrolled Keywords: Model, Character Education, Guru Kimia
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 12 Jul 2016 05:45
Last Modified: 12 Jul 2016 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36143

Actions (login required)

View Item View Item